Tim Dakwah IAIN Walisongo Survei Lokasi Dakwah di Nuu Waar

fakultas dakwah iain walisongo semarang

Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang tempat pembinaan 20 dai yang akan diterjunkan ke Nuu Waar

Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang dan Ikatan Persaudaraah Haji Indonesia (IPHI) akan mengirimkan 20 orang dai ke Kabupaten Fakfak Nuu Waar. Untuk mempersiapkan lokasi penempatan dai, tim AFKN, IAIN Walisongo, dan IPHI akan melakukan survey ke Nuu Waar yang akan berangkat pada hari Kamis, 12 Desember 2013 yang dipimpin langsung Dekan Fak Dakwah IAIN Walisongo, Dr Muhammad Sulthan, MA.

Program ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan AFKN dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo di kantor pusat IPHI Jakarta, beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, ketiga belah pihak untuk mengirim dai ke Nuu Waar yang akan membantu para dai AFKN di lokasi dakwah Nuu Waar.

Ke-20 dai yang merupakan lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo ini bertugas mendidik, melatih, dan membina ibu-ibu majelis taklim di 10 kampung yang berada di 3 distrik. “Mereka melatih dari segi pemberdayaan ekonomi, sekaligus peningkatan ilmu agama dan baca al-Qur’an,” ujar Ustadz Fadzlan Garamatan.

Selain itu, tegas Ustadz Fadzlan, para dai ini juga memotivasi para Muslimah di Nuu Waar untuk berperan dalam pengembangan umat menikmati keadilan, keamanan, dan kesejahteraan dalam bingkai aqidah Islam.

Sementara itu, di tempat berbeda, Dr Muhammad Sulthan, MA mengatakan bahwa para dai ini kini sedang dalam persiapan dan proses pembinaan untuk terjun dalam medan dakwah sesungguhnya. “Mereka ini para dai dan daiah yang menyatakan kesediaan diri untuk membina kaum Muslim  dan Muslimah di Nuu Waar,” ujar Muhammad Sulthan melalui saluran telepon.* Ahmad Damanik/Humas AFKN