Program Kerja AFKN

I. Program Dakwah

- Melaksanakan dakwah bil lisan dan dakwah bil hal

- Ikut terlibat aktif menyelenggarakan pengajian, tabligh akbar, maupun dzikir. Baik sebagai peserta aktif maupun pengisi acara.

- Membekali 469 tenaga dai AFKN dengan keterampilan

- Menyelenggarakan secara mandiri pelatihan bagi para dai AFKN, minimal 6 bulan sekali

- Mengikutsertakan tenaga dai AFKN dalam berbagai pelatihan dan seminar dakwah

- Menyediakan fasilitas sarana transportasi badakwah-di-masy-teluk-bintunigi para dai untuk memudahkan aktivitas dakwah di pedalaman.

- Memfasilitasi para dai untuk mengelola pembedayaan ekonomi masyarakat yang berbasis masjid sebagai sumber penghasilan bagi para dai.

- Membangun perkampungan Muslim yang menjadikan syariat Islam tegak di dalamnya. Rencana pembangunan di Kaimana, Sorong Selatan, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama. Di perkampungan itu akan tersedia rumah yang layak, jembatan, masjid, listrik, air bersih, WC, pelayanan kesehatan gratis, dan sarana pemberdayaan ekonomi.

- Menggunakan dana umat Islam untuk membangun masjid di pedalaman Nuu Waar. Sampai saat ini sudah dibangun lebih dari 300 masjid yang dananya berasal dari umat Islam melalui AFKN.

II. Program Pendidikan dan Pengembangan SDM

- Menyekolah anak-anak dhuafa, fakir, miskin, dan muallaf ke lembaga pendidikan di luar pulau Nuu Waar. Tujuannya adalah agar kebiasaan lama di daerahnya dicuci bersih.

- Memberikan pembinaan secara rutin kepada anak-anak yang disekolahkan oleh AFKN yang kini jumlahnya mencapai 2200 orang, dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

- Memberikan beasiswa kepada anak dari dana sumbangan umat Islam yang mengamanahkan kepada AFKN.

- Menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga yang bisa memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak Muslim Irian. Saat ini yang perhatian memberikan beasiswa, YBM BRI dan Universitas Indonusa Esa Unggul.

- Menindaklanjuti kepengajian-anak-nuu-waarrja sama dengan Universitas Indonesia yang akan memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak Muslim Nuu Waar yang berprestasi.

- Menindaklanjuti kerjasama dengan walikota Banjar, Jawa Barat yang akan memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak Muslim Nuu Waar dari tingkat tsanawiyah hingga perguruan tinggi di Banjar.

- Terus membuka peluang studi di luar negeri, seperti Timur Tengah dan Asia. Saat ini baru ada 24 orang anak Nuu Waar yang sekolah di Makkah dan Madinah.

- Memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak Nuu Waar yang masih bersekolah di daerah asal, seperti yang dilakukan di Kaimana.

- Mendirikan Islamic Center di Teluk Patipi sebagai basis pembentukan SDM generasi Muslim Nuu Waar yang berkualitas.

III. Program Pemberdayaan Ekonomi

- Menerapkan konsep pemberdayaan ekonomi yang berbasis masjid dan asas ekonomi kerakyatan. Fokus atau sasaran yang menjadi perhatian AFKN adalah masyarakat Nuu Waar yang hmanisan-palamesin-pembuat-saguidup di daerah-daerah peradalaman atau pedesaan.

- Membina 115 sentra pemberdayaan ekonomi masyarakat di beberapa daerah binaan AFKN. Saat ini pemberdayaan ekonomi yang dilakukan berupa: Manisan Pala, Sirop Pala, Kerupuk, Abon Ikan, Ikan Asin, Selai Pala, Terasi Udang, Kerupuk Urat Sagu, Sagu, Buah Merah, dan Sarang Semut.

- Menjajaki usaha rumput laut dan abon rusa.

- Menyediakan fasilitas kerja bagi kelompok pemberdayaan ekonomi, berupa modal dan mesin. yang tanpa pengawet. Yang sedang dijajaki rumput laut. Abon rusa. Peternakan Kambing.

- Membuka pasar-pasar potensial di luar Nuu Waar untuk penjualan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat Muslim Nuu Waar. Saat ini telah ada 316 outlet yang menjual hasil pemberdayaan ekonomi.

- Menggali potensi-potensi daerah untuk kemajuan ekonomi masyarakat Muslim Nuu Waar, seperti potensi ikan, tanaman, dsb.

- Membina ke-Islam-an kelompok-kelompok pemberdayaan, agar hasil yang diperoleh bisa menjadi berkah dengan membiasakan berinfaq.

IV. Program Sosial Kemasyarakatan

- Melakukan pengiriman setiap 3 bulan sekali, berupa: baju layak pakai, al-Qur’an, buku Iqra, buku-buku agama Islam, buletin, sabun mandi,dakwah-di-pedalaman-irian odol, sikap gigi, shampo, mesin jahit, kubah masjid, mesir air, pipa, dan lain-lain. Barang-barang ini selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat Muslim Nuu Waar yang ada di perkampungan-perkampungan melalui perwakilan AFKN yang ada di daerah tersebut.

- Memfasilitasi pembangunan rumah, air bersih, dan listrik bagi perkampungan-perkampungan Muslim yang masih tertinggal.

- Bekerjasama dengan Badan Wakaf Al-Qur’an untuk membangun pembangkit listrik tenaga air sungai (mikrohidro) di perkampungan yang belum masuk aliran listrik.