Santri AFKN Pulang ke “Kampung Halaman Ramdhan”

asrama-afkn1

Ilustrasi: Salah satu bangunan Pesantren Nuu Waar yang sedang dalam proses pembangunan.

Bulan Ramadhan 1435 H ini, Pondok Pesantren Nuu Waar mulai dipenuhi santri Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) asal Nuu Waar (Irian Jaya). Pesantren yang berlokasi di Kampung Bunut, Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini untuk pertama kalinya digunakan para santri untuk program Kampung Halaman Ramadhan yang digelar selama satu bulan penuh.

Program yang telah dimulai dari awal Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh AFKN sebagai bentuk pembinaan kepada para santri di bulan Ramadhan. Jika biasanya, program ini digelar di kawasan perumahan Pondok Hijau, Bekasi Timur, kini mulai menempati lokasi Pondok Pesantren Nuu Waar yang masih dalam tahap pembangunan.

Menurut Ustadz M Zaaf Fadzlan Rabbani Garamatan, Ketua Umum AFKN, program Kampung Halaman Ramadhan ini merupakan tempat kembali pada santri AFKN yang tengah menempuh pendidikan di berbagai sekolah, pesantren, dan perguruan tinggi yang ada di pulau Jawa dan Sumatera.

“Di sini mereka mendapatkan pembinaan keislaman, sekaligus mengisi waktu Ramadhan dengan membaca dan mengkaji al-Qur’an,” ujar Ustadz Fadzlan kepada www.afkn-nuuwaar.com.

Selain itu, terang pria asal Patipi, Fakfak, di Kampung Halaman Ramadhan ini juga diadakan beragam kegiatan bagi para santri, di antaranya: lomba pidato, lomba hafalan al-Qur’an, lomba kebersihan, buka puasa bersama, dan beragam lainnya.

“Targetnya selama bulan Ramadhan ini, bisa mengkhatamkan al-Qur’an sebanyak 500 kali,” papar Ustadz Fadzlan.

Ustadz yang pernah penghargaan sebagai Tokoh Perubahan 2011 versi Republika ini juga mengajak kepada seluruh kaum Muslimin/Musimat untuk bisa hadir dalam kegiatan ini. “Di sinilah (Pesantren Nuu Waar) kami mendidik generasi Muslim Nuu Waar yang akan merubah wajah Irian dengan cahaya Islam,” harap Ustadz Fadzlan.

Yuk, kunjungi kampung halaman santri AFKN di Kampung Halaman Ramadhan!