Di Kampung Halaman Ramadhan, Santri Nuu Waar Target Khatam 700 Kali

IMG_1032

Mengisi kegiatan selama Ramadhan, santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Nuu Waar, Bekasi mengikuti kegiatan Kampung Halaman Ramadhan. Acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa dan Santri Nuu Waar Irian Jaya (HIMSANI) AFKN ini diselenggarakan selama satu bulan penuh. Acara ini diikuti 500 santri AFKN asal Nuu Waar yang tengah menempuh pendidikan di berbagai tempat di Pulau Jawa, Sumatera, dan daerah lainnya.

Menurut Ketua Umum AFKN, Ustadz M Zaaf Fadzlan Rabbani Garamatan, kegiatan Kampung Halaman Ramadhan merupakan agenda rutin Pesantren Nuu Waar memasuki bulan Ramadhan. Dalam kegiatan ini, seluruh santri fokus pada aktivitas interaksi dengan al-Qur’an. “Yang paling utama adalah para santri mengisi waktu di bulan Ramadhan ini dengan tilawah dan tadabur al-Qur’an,” terang Ustadz Fadzlan. Tak heran, target selama satu bulan ini, seluruh santri akan khatam al-Qur’an sebanyak 700 kali.

Selain itu, para santri AFKN ini yang di dalamnya juga ada kalangan dhuafa dan mualaf dari Nuu Waar, akan mengikuti aneka perlombaan. Perlombaan ini berupa lomba ceramah, hafalan al-Qur’an, hafalan doa-doan, dan jenis lomba lainnya. “Perlombaan ini dibuat untuk mendorong para santri agar lebih semangat dalam memperdalam agama Islam,” tutur Ustadz Fadzlan. Ilmu ini juga, tambah Ustadz Fadzlan, yang nantinya akan menjadi bekal mereka berdakwah di tanah kelahiran mereka di Nuu Waar.

Program lain yang disusun selama Ramadhan ini, Pesantren Nuu Waar juga menjalin silaturahim dengan masyarakat sekitar Setu, Bekasi. Salah satu yang dilakukan dengan mengirimkan santri dewasa dan para ustadz di pesantren untuk mengisi ceramah Ramadhan di masjid-masjid yang ada di sekitar Setu. “Ini dalam rangka pengabdian masyarakat pondok pesantren kepada masyarakat,” terang Ustadz Fadzlan.

Peluang Akhirat Saat Ramadhan

Pondok Pesantren Nuu Waar merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh Yayasan Al-Fatih Kaaffah Nusantara di bawah pimpinan Ustadz M Zaaf Fadzlan Garamatan. Ponpes ini menampung mualaf, dhuafa, yatim, dan generasi muda Muslim dari berbagai daerah di Nuu Waar (Irian). Mereka, terang Ustadz Fadzlan, dipersiapkan menjadi dai dan ulama yang akan membesarkan dakwah Islam di Nuu Waar.

“Mereka didatangkan dan disekolahkan dengan gratis,” kata Ustadz Fadzlan.

Pesantren yang berada di Kampung Bunut, RT 02/RW 06, No. 41 Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi ini, kata Ustadz Fadzlan, berdiri atas dukungan dari seluruh kaum Muslimin/Muslimat. “Kami juga mengajak kaum Muslimin dan Muslimat lainnya yang ingin ikut serta mendukung pembinaan generasi Muslim Nuu Waar ini dengan mengirimkan zakat, infak, dan shadaqah,” ajak Ustadz Fadzlan.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, gugahnya, setiap bulir kebaikan akan Allah Maha Kaya gantikan dengan tujuh kali lipat. “Dari tujuh kali lipat, Allah SWT akan menggandakan kembali menjadi 100 kali lipat. Itulah harta kita yang sesungguhnya,” imbuh Ustadz Fadzlan.* Ahmad Damanik/Humas AFKN

Wakaf Ibu/Bapak sekalian dapat diantar langsung ke alamat Pondok Pesantren Nuu Waar, atau dapat transfer melalui: Bank Mandiri 1540098085941 a/n MZ Fadzlan Rabbani Garamatan