49 Santri AFKN Diwisuda sebagai Bidan dan Perawat

feature image bidan

Awal bulan Juli lalu (6/7), 49 santri AFKN asal Nuu Waar yang menempuh pendidikan di Akademi Kebidanan dan Akademi Perawatan milik Yayasan Rumah Sakit Umum Sehat Medan menjalani wisuda kelulusan. Wisuda dan pengukuhan lulusan sebanyak 816 orang ini dilaksanakan di Gedung MICC Medan, Sumatera Utara. Acara yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Dr Raden Roro Siti Hartati ini berjalan dengan khidmat.

Dalam kata sambutannya sesaat setelah prosesi wisudah dan penguhkuhan resmi dilakukan, Siti Hartati menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan atas sukses yang diraih para wisudawan dan wisudawati kali ini. Meski telah berhasil lulus, tambah Siti Hartati, masih ada tugas selanjutnya yang lebih berat lagi. “Mengabdi di tengah masyarakat yang tentu saja lebih banyak tantangan, karena persaingannya sangat ketat,” ujar Siti Hartati.

Oleh karena itu, diharapkan kepada para wisudawan jangan cepat puas dengan apa yang telah diraih. “Tingkatkan terus kemampuan dan keterampilan untuk berkompetisi, baik di tingkat regional maupun nasional,” harapnya.

Anggota Dewan Pembina AFKN, Drs Mashuda Kastela menyerahkan plakat AFKN kepada pengurus Yayasan Rumah Sakit Umum Sehat MedanDSC_0350

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Yayasan Rumah Sakit Umum Sehat  Medan, Edi Syahputra SH. Ia mengatakan, kualitas lulusan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian dari pengelola AKPER Sehat Binjai. Fakta bahwa masih banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan tenaga kesehatan yang belum maksimal  harus dapat dijawab oleh civitas akademika yang meluluskan tenaga kesehatan, tidak  terkecuali Yayasan Rumah Sakit Umum Sehat Medan.

“Tidak perlu hanya menunggu PNS yang dibutuhkan pemerintah saja. Saya berharap  para lulusan bisa terjun langsung ke masyarakat untuk mengimplementasikan ilmunya,” tegas Edi Syahputra.

Alhamdulillah, pada tahun ini, santri AFKN yang telah lulus terdiri dari 41 orang bidan dan 8 orang perawat. Salah seorang santri AFKN asal Nuu Waar, Aminah Saefuddin, AM, Keb menjadi salah satu lulusan terbaik dari Program Studi D3 Kebidanan. Aminah masuk peringkat juara umum 10 besar dari Yayasan Rumah Sakit Umum Sehat Medan, dengan IPK 3,47.* Al-Lail Akbar Al-Fatih